Pelajaran Dari Setirai Gorden




Didalam sebuah ruangan besar , terdapat sebuah gorden yang terbentang di dalam ruangan tersebut. Di hadapan gorden tersebut , terdapat sebuah meja dengan gelas – gelas yang indah menghiasi meja itu. Sesuatu terjadi dalam gorden itu, gelas – gelas diatas meja tersebut bergeser dari tempat asalnya. Maka apakah yang kita pikirkan dengan kejadian itu? Apakah kita berpikir bahwa gelas tersebut bergerak dengan sendirinya ? Tak kah kita terpikir bahwa ada sesuatu di balik gorden tersebut ? . Ya , Saudaraku , ada sabab yang menjadikan gelas itu bergeser. Sesuatu yang ada di balik gorden tersebut. Gelas itu bergeser karena ada yang menggerakkannya. Dan yang menggerakkan nya adalah kekuatan yang maha kuasa. Tidak terlihat tetapi dapat dirasakan kehadirannya. Suatu kekuatan yang ada di balik gorden tersebut.
Saudaraku, perumpamaan tersebut adalah dunia ini. Ruangan adalah alam semesta, meja adalah tempat kita berpijak dan gelas – gelas itu adalah seluruh penciptaannya di muka bumi. Gorden adalah alam , batas dan perantara. Dan siapakah yang dimaksud kekuatan di balik gorden tersebut ? Allah Yang Maha Kuasa lah , yang menjadi sumber kekuatan di balik gorden tersebut.
Apakah kita , makhluk – makhluk ciptaannya dapat bergerak sendiri – sendiri tanpa ada yang mengaturnya ? Apakah benda –  benda bisa bepijak beraturan tanpa ada yang mengontrolnya ? Apakah Hewan – hewan dan tumbuhan yang tidak memiliki kemampuan akal bisa hidup dengan baik tanpa ada yang mengaturnya ? Ya, itulah jawaban dari sabab sebuah gorden . Seluruh isi muka bumi ada yang mengatur dan mengontrol semuanya. Allah SWT yang mengatur dengan KekuasaanNya dan RahmatNya. Allah mengaruniakan Rahmat dan Rahman Rahimnya kepada seluruh makhluk. Allah menggerakkan , mengontrol dengan kekuatannya. Allah SWT menunjukkan kekuasaanNya yang tidak dapat terlihat oleh manusia , namun dapat dirasakan. Dan kita sebagai makhluknya sepantasnya bertafakur atas seluruh karunia yang terhingga yang telah diberikanNya.
Risalah An Nur

Comments

Popular Posts